Senin, 10 Januari 2011

JENIS - JENIS MEMORY


Memory
            Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan.

RAM ( Random Access Memory )
            RAM adalah memory yang hanya dapat digunakan pada saat komputer dalam keadaan hidup.

Jenis – jenis RAM antara lain :

1. FPM DRAM ( fast Page Mode Random Access Memory )
     RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memory 30 pin. RAM ini digunakan pada komputer type 286 dan 386. memory jenis ini sudah tidak di produksi lagi.
2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory )
     RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data di bandingkan dengan RAM biasa. Slot memory untuk EDO RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO RAM lebih panjang dari RAM yaitu bentuk SIMM ( Single Inline Memory Modul ) dan memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.
3. SD RAM ( Synchronous Dynamic Random Access Memory )
     Memory yang dapat mengakses data atau informasi lebih cepat dari EDO RAM. Slot memory SD RAM berbentuk DIMM ( Dual Inline Memory Modul ) dengan 168 pin dan memiliki kecepatan di atas 100 Mhz.
4. RD RAM ( Rambus Dynamic Random Access Memory )
     RAM jeni ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. slot memory untuk RD RAM berbentuk RIMM ( Rate Inline Memory Modul ) dengan 184 pin. Memiliki kecepatan hingga 800 Mhz.
5. DDR SDRAM ( Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory )
     Jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Pin DDR SDRAM adalah 184 pin, berbentuk DIMM ( Dual Inline Memory Modul )

0 komentar:

Posting Komentar